Tutorial Cara Pasang Iklan Facebook Ads untuk Pemula
Facebook tidak hanya bisa digunakan media untuk bersosialisasi saja sekarang ini, tapi juga bisa digunakan sebagai tempat pemasaran atau marketing yang tepat. Tidak terbatas akan usaha tertentu saja, hampir semua usaha yang legal, bisa diiklankan menggunakan Facebook supaya bisa menjangkau lebih banyak orang. Nah, berikut ini ulasan mengenai cara pasang iklan Facebook Ads untuk Anda:
Menetapkan Konsep
Iklan
Beberapa orang tidak berhasil iklan di Facebook dan
menganggap fitur Ads tidak berguna. Padahal, yang membuat kegagalan bukan lah
Ads-nya, melainkan konsep iklan. Bisa jadi karena iklannya yang tidak menarik,
desain foto yang membingungkan, atau deskripsi foto yang berbelit-belit.
Sebaiknya, minta bantuan teman yang mengerti seni dan desain grafis mengenai
konsep iklan yang terbaik untuk Ads.
Selain konsep, pemilihan foto juga perlu diperhatikan.
Biasanya, Facebook akan mengijinkan foto dengan resolusi tinggi dengan ukuran 600
x 315. Selain itu, pemilihan kalimat untuk caption foto sebaiknya diperhatikan.
Nantinya Anda perlu mengisi judul dengan kapasitas 25 karakter, teks 90
karakter, dan link. Ikuti ketentuan jumlah karakternya, karena jika
melebihinya, tidak akan terlihat pada iklan.
Penempatan Letak Iklan
Untuk penempatan iklan, Facebook biasanya memiliki saran
di mana iklan Anda sebaiknya dipasangkan. Namun, Anda juga bisa mengatur
sendiri sesuai dengan keinginan. Pilihan yang ditawarkan oleh Facebook ada 6,
yaitu, News feed desktop Facebook, News feed mobile Facebook, Kolom kanan
Facebook, Audience Network, Artikel instan, dan Instagram.
Masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan
kekurangannya sendiri. misalkan jika Anda memilih News feed Mobile Facebook,
akan layak dipasangkan di Facebook dengan tayangan ponsel dan Instagram, tapi
tidak akan pas apabila dilihat dari news feed desktop dan kolom kanan.
Biasanya, akan ada tulisan ineligible apabila iklan Anda layak dipasangkan di
penempatan tertentu.
Pembayaran
Sangat penting mengetahui budget untuk memasang iklan facebook Ads Anda. Jangan sampai, biaya Ads malah memberatkan Anda dan tidak
sesuai dengan pemasukan usaha. Ada yang dalam waktu sebulan membutuhkan biaya
Rp500.000,00 ada juga yang dalam satu hari memerlukan biaya Rp72.000,00.
Hal ini berbeda dengan pemasangan iklan dengan konten
pemasaran video. Facebook menghitung biaya 1 view berdasar 3 detik video terlihat oleh
penonton. Biayanya berkisar antara Rp1.500,00 sampai dengan Rp7.500,00. Nah,
jika menginginkan video ini ditonton untuk 8.000 orang, maka hitung saja
Rp1.500,00 x 8.000.
Menentukan Target
Pasar
Dalam membuat iklan, di mana pun itu, terutama
mengandalkan sosial media, pastikan bahwa Anda sudah memiliki bayangan, siapa
saja orang yang Anda inginkan untuk melihat iklannya. Ini berkisar dari umur,
jenis kelamin, dan asal wilayahnya.
Bayangan mengenai target pasar akan lebih memudahkan
dalam membuat konsep iklannya. Jika usaha Anda adalah toko baju remaja, maka
target Anda adalah mereka yang berusia belasan hingga 30-an yang berlokasi di
kota-kota dekat usaha didirikan.
Mencari Ide
Sebanyak-banyaknya
Sebelum Anda membuat iklannya, jangan ragu untuk mencari
inspirasi sebanyak-banyaknya. Mulai dari iklan dalam negeri sampai luar negeri
yang memiliki usaha mirip dengan Anda. bandingkan, mana iklan yang menarik dan
mana yang membuat bosan. Apalagi jika Anda ingin membuat konten iklan Video
yang biasanya menarik mata penonton dalam kurun waktu 3 detik awal.
Itu lah tutorial dan tips pasang iklan Facebook Ads untuk
Anda yang baru akan mencoba beriklan di media sosial. Yang terpenting adalah,
Anda sudah tahu apa yang akan usahakan, siapa saja target pasarnya, dan
bagaimana kontennya, dengan begitu, hasil jangkauannya akan lebih maksimal.
Selamat mencoba!
Post a Comment