5 Alasan Kamu Perlu Mengikuti Strategi Pemasaran Digital
Dunia berubah dengan cepat dan demikian
pula cara yang benar untuk melakukan bisnis. Jika kamu adalah pemilik bisnis
pada tahun 2020 dan masih mengandalkan penjualan offline, pesaing kamu akan
segera menyusul dalam hal penjualan dan reputasi merek.
Kita hidup di era internet, di mana jika
kamu ingin bisnis berkembang, membawanya ke jalur online sangat penting.
Berikut adalah 5 alasan mengapa kamu harus mengikuti strategi pemasaran digital
pada tahun 2020 untuk mengembangkan bisnis kamu secara online.
- Meningkatkan Jangkauan
Keuntungan signifikan dari menjadikan
bisnis kamu menjadi online adalah jangkauan yang ditingkatkan. Dengan model
bisnis online dan strategi pemasaran digital yang kuat, kamu dapat menargetkan
audiens global dengan upaya minimal. Misalnya, memiliki situs web atau pegangan
media sosial yang kuat memungkinkan untuk memperkenalkan diri dan produk serta
layanan kamu kepada jutaan orang.
Selain itu, mengadopsi strategi pemasaran
digital seperti SEO dan optimasi pada
smartphone juga diperlukan. Hal ini dilakukan untuk membantu situs web kamu
mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Sehingga meningkatkan visibilitas
bisnis kamu dan jangkauan secara organik.
- Peningkatan Jangkauan Bisnis
Startegi pemasaran digital tidak hanya
memungkinkan untuk meningkatkan jangkauan kamu di antara pengguna dan pelanggan
tetapi juga di antara bisnis. Kehadiran digital yang kuat menunjukkan
kredibilitas dan kepercayaan, yang secara alami menarik lebih banyak kemitraan
dan peluang bisnis. Memiliki platform media sosial yang kokoh seperti Instagram atau Facebook memungkinkan kamu untuk menarik pemasok, klien, dan
kemitraan bisnis.
Jika kamu menawarkan layanan digital atau
fisik, memiliki situs web berperingkat tinggi dapat membantu kamu menarik lebih
banyak klien dan mitra.
- Penargetan Audiens yang Efektif
Strategi pemasaran digital yang tepat
memungkinkan untuk menjadi sangat spesifik untuk audiens yang di targetkan.
Jika kamu hanya ingin menargetkan orang tua saja, kamu dapat melakukannya
dengan mudah dengan platform iklan Google.
Di sisi lain, jika kamu akan menargetkan
audiens global, selain mesin pencari kamu harus juga merambah pada platform
media sosial. Karena itu, pemasaran digital tidak hanya meningkatkan jangkauan
dan visibilitas, tetapi juga akan memungkinkan kamu untuk menargetkan kelompok
audiens tertentu.
- Peningkatan Keterlibatan Pengguna
Pemasaran digital memungkinkan kamu untuk
terlibat dengan audiensi dan pelanggan secara efisien. Memiliki pegangan resmi
di platform media sosial seperti Twitter dan Instagram memungkinkan kamu untuk
berbicara langsung dengan pelanggan, menyelesaikan pertanyaan mereka, dan
mengumpulkan umpan balik.
Namun, membuat situs web dan akun media
sosial tidak semudah yang di katakan. Kamu memerlukan strategi pemasaran
digital yang tepat yang membantu menumbuhkan situs web dan pegangan media
sosial. Yang pada akhirnya meningkatkan jangkauan dan basis pelanggan secara
maksimal sesuai dengan target yang direncanakan.
- Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Bayangkan menjadi pelanggan yang memiliki
keluhan dan umpan balik tentang suatu produk, tetapi tidak ada cara untuk
menghubungi perusahaan. Pelanggan yang loyal memberikan umpan balik, dan untuk
mempertahankan kesetiaan mereka, kamu perlu merespons mereka. Bisnis online
memungkinkan pelanggan untuk menghubungi kamu dengan mudah, tanpa proses
menulis surat yang membosankan atau mengirim email.
Meskipun mengirim email adalah bagian dari
pemasaran digital, tidak semua pemilik bisnis sering memeriksa email, terutama
jika mereka adalah email umpan balik. Tetapi memiliki pegangan media yang
responsif memungkinkan kamu untuk dengan cepat menanggapi permintaan pelanggan,
yang pada gilirannya meningkatkan kepuasan pelanggan.
Sebagaimana dibahas tentang strategi pemasaran
digital, jika diterapkan dengan tepat pada bisnis kamu, dapat melakukan
keajaiban. Dari meningkatkan pengalaman pelanggan hingga meningkatkan penjualan
dan pendapatan. Selain itu pemasaran online dapat membantu kamu mencapai semua
jenis tujuan bisnis yang di targetkan.
Post a Comment