Tutorial Cara Membuat Iklan Google Ads untuk Pemula
Tutorial Cara Membuat Iklan Google Ads untuk Pemula, Apakah anda seorang pebisnis yang menginginkan usaha/bisnis anda dikenal orang banyak orang melalui sebuah iklan? Anda juga ingin iklan yang anda buat hanya dilihat oleh orang-orang yang membutuhkan saja. Dan anda juga ingin mengatur keuangan anda untuk sebuah iklan sscara efektif dan efisien. Bila demikian, memasang iklan melalui google ads adalah pilihan yang tepat.
Alasan
pertama adalah, google merupakan situs terbesar yang paling banyak diakses. Disamping
itu, google merupakan mesin pencari yang sudah terinstal di 126, 7 juta
pengguna android. Sementara android sendiri sudah menguasai hampir 90%
smartphone di Indonesia dan 75% di dunia. Bagaimana memasang google ads, ini
langkah-langkahnya.
Buka
aplikasi google ads.
Langkah
pertama adalah masuk ke aplikasi google ads. Setelah itu anda diharuskan
membuat akun google bila anda belum memilikinya. Kalau anda sudah memiliki
akun, anda bisa menggunakan akun
tersebut untuk bisa masuk ke apkikasi ini. Tetapi bila anda tidak ingin
kotak masuk akun anda penuh oleh notifikasi yang dibuat oleh google ads,
disarankan anda untuk membuat akun baru.
Tentukan
Goal
Goal
yang dimaksud adalah tujuan iklan. Di sini anda diminta untuk menentukan tujuan
dari iklan yang anda buat. Ada tiga pilihan yang ditawarkan. Pertama, apakah
anda ingin dihubungi lewat telepon? Apabila bisnis yang anda jalankan dapat
dilakukan melalui telepon, anda bisa memilih pilihan yang pertama ini.
Pilihan
yang kedua adalah hubungan toko fisik. Pilihan kedua ini dapat anda pilih bila
bisnis yang anda iklankan mengharuskan pelanggan datang langsung mengunjungi
tempat usaha anda. Sedangkan pilihan yang ketiga adalah hubungan website.
Pilhan ini dapat anda pilih bila usaha yang anda iklankan bisa dilakukan
melalui website saja.
Pilih
jangkauan lokasi dan kategori bisnis
Anda
bisa memilih jangkauan lokasi bisnis anda, apakah menjangkau wilayah
internasional, dalam negeri, atau hanya terbatas pada satu wilayah propinsi.
Setelah itu anda diminta menentukan kategori bisnis anda bergerak di bidang
apa. Apakah merupakan usaha riteil, elektronik, kosmetik, garmen atau yang
lainnya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan google menentukan target audience
iklan anda.
Buat
copy iklan
Pembuatan
copy iklan ini dibatasi jumlah karakter sesuai dengan kategori yang ditentukan.
Untuk kategori headline dibatasi hanya 30 karakter saja. Sedangkan untuk
promosi isi iklan dibatasi sampai dengan 80 karakter. Karena pembatasan ini,
anda harus bisa membuat iklan anda sesingkat mungkin, yang penting padat, jelas
menggambarkan bisnis yang anda iklankan, dan yang pasti harus menarik.
Memasukkan
foto
Memasukkan
foto atau gambar adalah hal penting yang tidak boleh diabaikan. Melaui foto
ini, orang akan tahu bisnis apa yang anda jalankan dan bagaimana bentuk produk
yang anda tawarkan. Untuk itu foto yang ditampilkan haruslah dipilih foto- foto
terbaik tentang bisnis yang anda jalankan. Buat foto semenarik mungkin, agar
orang tertarik dan akhirnya membeli produk anda.
Menentukan
budget dan metode pembayaran
Google
ads memberlakukan sistem PPC (pay per click). Melalui fitur ini, anda tidak
perlu kawatir dengan pembayaran yang melambung tinggi akibat pemasangan iklan
di google ads. Karena dengan fitur PPC ini, apabila iklan anda tidak diklik
oleh audience, maka anda tidak perlu membayar. Setelah menentukan budget,
terakhir anda tinggal menentukan metode pembayaran yang anda pilih. Apakah
melalui kartu kredit atau transfer melalui bank.
Demikian
tutorial memasang iklan di google ads. Sangat mudah dan dapat dilakukan siapa
saja termasuk oleh para pemula. Keberadaan google sebagai situs terbesar, akan
membuat produk yang anda tawarkan dikunjungi oleh banhak audience. Selamat
mencoba.
Post a Comment